SEO OnPage Ala Klinik Blogger

Posted by Azis Grafis on 10/6/11

Pada postingan kali ini saya akan melanjutkan bahasan tentang SEO, yaitu SEO OnPage. Seperti yang saya jelaskan pada postingan sebelumnya(SEO OnPage dan OffPage), SEO OnPage berhubungan dengan optimasi yang dilakukan pada website itu sendiri. Saya tidak akan membahas mendalam tentang penerapan teknik ini karena akan memakan waktu dan tempat postingan yang panjang. Selain itu juga penerapannya akan berbeda pada setiap engine blog, seperti Wordpress, Blogspot, Joomla!, Drupal dan lain-lain. Jadi hanya poin-poin utama dulu yang akan kita bahas.

Berikut adalah dasar SEO OnPage Ala klinik-blogger

Keyword
Seperti yang pernah saya posting pada status pesbuk, “Pemilihan dan posisi keyword yang tepat pada blog adalah kunci utama untuk mendatangkan pengunjung yang berlimpah ruah”. Jadi pilihlah keyword yang bener-bener menarik dan tepat. Menarik artinya keyword tersebut adalah keyword yang banyak dicari oleh pengunjung juga memiliki harga jual yang tinggi. Tepat artinya kepada siapa target pengunjung, apakah orang tua, anak muda, negara mana dan lain-lain. Untuk posisi keyword, usahakan selalu menempatkan pada point-point selanjutnya. Pada kalimat, Semakin awal posisi keyword maka akan semakin baik.

Nama Domain

  • Usahakan keyword yang sobat target masuk ke dalam nama domain.
  • Biasanya domain yang berbayar dan atau domain utama lebih diperhatikan oleh para "search engine" daripada domain gratis dan atau subdomain.
  • Tentukan apakah website Sobat menggunakan subdomain www atau tidak. Coba aja Sobat perhatikan website-website besar seperti google, facebook, wordpress, drupal dan lain-lain. Ketika Sobat mengetikkan dengan dengan sub domain www maka hasilnya akan diarahkan tanpa subdomain www. Begitu juga sebaliknya. Mana yang baik, pakai subdomain www atau tidak? sama saja, yang penting pilih salah satu.

Hosting

  • Sesuaikan tempat hosting Sobat dengan tempat target pengunjung. Jika target Sobat adalah pengunjung dari Indonesia, Pilihlah server hosting yang ada di Indonesia, Begitu juga jika target Sobat Kutub Utara(ini hanya contoh), maka pilihlah server hosting di kutub Utara
  • Carilah hosting yang handal, terpercaya, jarang sakit(down), mudah dihubungi dan pelayanan yang memuaaasssskan(wow).
  • Kalau bisa jangan punya tetangga yang nakal (website spam). Maksudnya usahakan pada hostingan yang sama dengan kita tidak ada website-website nakal. Takutnya karena tetangga kita nakal, om google juga ngecap kita nakal.
  • Pilih paket hosting yang sesuai. Perkirakan bandwith, space dan lain-lain lalu pilih paket yang sesuai. Website untuk profil company, weblog, iklan baris, dan lain-lain tentu berbeda kebutuhannya.Biasanya paket yang paling mahal adalah paket yang paling bagus dan komplit, website kecil atau besar pasti cocok. Tapi paket terakhir ini kalau hanya untuk website-website mungil, mubazir sobat!

Meta Title (Judul / Nama) Website
Yang ini jelas penting, g ada judul bingung donk pembaca. Apalagi search engine, ya gak?Usahakan juga keyword sobat masuk pada judul website sobat.

Meta Description (Deskripsi) Website
Deskripsi sebuah website hendaknya singkat, padat, juga menarik karena akan dipajang pada hasil pencarian search engine. Batasi deskripsi ini hingga 160 karakter. Dan tentu saja, sang keyword harus masuk di sini.

Permalink
Aduh saya belum tau pasti apa arti permalink ini. Yang jelas berhubungan dengan format penamaan alamat setelah nama domain. Jelas? contoh permalink bisa sobat lihat pada url artikel ini. Format penamaan alamat sebuah content pada website harus enak di baca oleh si Spider. Permalink yang SEO Friendly adalah permalink yang tidak mengandung karakter-karakter selain angka, huruf, garis miring(/), dan strip(-).

Page Title

  • Page title ini sangat penting sekali sobat!!! Nah loh keluar tuh tiga tanda seru. Tau gak kenapa karena di rumahnya om google yang di pajang itu adalah page title bukan title.
  • Usahakan maksimal page title 7o karakter. Lebih dari itu om google akan memotong paksa page title sobat

Robots.txt
File ini biasanya terdapat di root. Fungsinya adalah sebagai petunjuk bagi Spider (robot search engine) Boy untuk mengindex sebuah atau seluruh halaman website. Kita tidak ingin si Spider Boy itu mengindex halaman-halaman yang tidak penting ataupun halaman yang sangat penting dan gak boleh diketahui sapapun termasuk itu Spider Boy. Selain itu juga bisa untuk memperkecil kemungkinan duplikat content.

Tag Heading
Tag H(Heading) ini adalah format dari sebuah konten. Usahakan terdapat keyword pada tag ini, terutama H1 dan H2.

Content
Content adalah isi atau objek dari sebuah website. Bisa berupa artikel, gambar, lagu, video, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan di sini adalah penulisan content. berikut yang pelu sobat-sobat perhatikan dalam penulisan konten.

  1. Judul (+Meta Judul). Usahakan panjang judul maksimal 60 karakter atau 7 kata karena kebanyakan search engine lebih memperhatikan 60 karakter pertama dari judul. Usahakan jangan mengandung karakter-karakter yang aneh-aneh karena akan berpengaruh ke permalink dan pagetitle(jika sobat pakai plugin permalink & pagetitle). Tentu saja sangat di sarankan si keyword dipajang di sini. Semakin awal keyword muncul, semakin gaul SEO.
  2. Deskripsi singkat (Meta Description). Sama seperti meta description website, meta desription content ini juga harus menggambarkan isi content. Jangan lupa si keyword juga harus nongkrong di sini. Deskripsi singkat ini juga nongkrong bersama pagetitle di google. Jadi selain untuk robot google juga buat calon pengunjung sobat. Karanglah sebaik mungkin untuk 2 makhluk itu.
  3. Keyword. Lebih di sarankan menempatkan keyword pada awal dan di akhir konten. Dan keywordnya muncul gak terlalu berlebihan. Sesekali di sarankan agar keyword yang muncul di beri format Bold, Italic atau Underline.
  4. Tag Heading(H1 sampai H6). Seperti biasa keyword harus masuk pada tag-tag ini. terutama tag H1 dan H2.
  5. Gambar. Jika dalam content ada gambar, maka sobat harus mengisi Alt (Alternate) text gambar tersebut. Karena search engine masih buta gambar, cuma bisa baca Alt textnya gambar. Usahakan juga keyword sobat masuk pada alt text gambar tersebut. lebih baik lagi jika nama filenya, title dan captionnya juga mengandung keyword(untuk antisisapi, sapa tau si search engine berubah pikiran atau udah lebih pinter).
  6. Internal link. Usahakan ada link ke content-content yang lain atau paling tidak satu link ke content sebelumnya. Link ini memudahkan spider boynya search engine melompat-lompat antara satu gedung content ke gedung content lainnya. Klo gak ada link, bisa-bisa tuh spider boy jalan kaki. Ini memperlambat spider boy menjelajahi dunia kita. Usahakan link content sesuai dengan judul content atau bahasa gaolnya itu anchor text itu loh.
  7. Yang terakhir adalah content sobat jangan yang berbau p*rno, sara, dan sejenisnya. Denger-denger search engine memerangi hal tersebut. Makanya jarang ditemukan gambar-gambar gak senonoh di pencarian gambar, ya gak?

Related Content (Konten Terkait)
Setiap akhir konten, sebaiknya terdapat fasilitas ini. Selain juga baik untuk SEO juga bisa membuat pengunjung sobat betah di website sobat. Si spider boy dan pengunjung jadi sama-sama senang berkeliling mengunjungi gedung content sobat

Footer
Sesuai dengan artinya, footer ini ada di kaki website alias bagian paling baawah website. Pasanglah link-link sobat (serta keyword tentunya) pada footer website.

Plugin/Module SEO
Biasanya mesin blogging yang dipakai para sobat gak punya settingan yang mumpuni untuk melakukan setting-seting diatas. untuk itu diperlukan plugin-plugin SEO. Kecuali sobat jago web developer atau pengguna engine blog yang tidak memiliki fasilitas memasang plugin, maka boleh lah plugin ini dilewatkan. Yang penting asal mau cape aja. Pada setiap engine blog, plugin-plugin yang dipakaipun jelas berbeda. Kapan-kapan bolehlah kita bahas plugin SEO tiap-taip engine blog, yang jelas gak bisa dipostingan ini.

Beresin Kode-kode HTML
Cek website sobat di http://validator.w3.org/. Apakah ada error? Jika ada segera perbaikin. Kode-kode yang gak sesuai dengan EYDnya dia, bikin si Spider Boy males jalan, apalagi berayun dengan jaring laba-labanya.

Percepat waktu akses Website
Kecepatan akses suatu website terkait SEO OnPage tergantung pada beberapa faktor, antara lain tempat hosting, themes / template website, plugin, script, banyak / besar gambar, cache, dll. Percepat blog sobat dengan memilih hosting yang oke, themes yang minimalis namun maksimal dalam hal SEO, Pilih plugin yang bener-bener diperlukan saja, kurangi script yang gak penting, kecilkan ukuran gambar(kompres),gak usah pake flash, animasi dan sebagainya (kecuali SEO bukan hal penting buat sobat). Semakin mulus aspal, maka semakin ngebut si Spider Boy naik motor.

Breadcrumb
Breadcrumb berfungsi sebagai petunjuk untuk pengunjung. Namun demikian ada isu yang mengatakan bredcrumb ini juga diperhatikan oleh search engine. Gak ada salahnya memasang fasilitas ini.

Sitemap
Wah ini tidak kalah pentingnya sob. Sitemap ini harus ada, khususnya buat Spider Boy. Pada search engine biasanya terdapat fasilitas submit website dan submit sitemap. Yang paling penting tuh adalah submit sitemap, bukan submit website! Jadi buatlah sitemap, ntah dengan modul atau buat sendiri, pokoknya harus ada. Sitemap ini berhubungan dengan teknik SEO OffPage yang InsyaaLLah akan saya tulis.

Catatan:

Kebanyakan dari isi artikel ini ditujukan untuk robot mesin pencari (Spider Boy). Jadi jangan sampai isi dari website yang berhubungan dengan point-point diatas juga seperti robot yang masih berbahasa kaku dan tidak sesuai dengan “EYD pengunjung sobat”.


Semoga bermanfaat


Sumber : http://tanthowi.com/

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment