8 Gadget yang Tidak Diperlukan yang Sering Ada di Blog

Posted by Azis Grafis on 10/27/11

Klinik Blogger - Mempunyai blog yang bagus dan sering dikunjungi oleh para blogger lain menjadi salah satu kebanggan tersendiri pemilik blog tersebut, namun terkadang tanpa disadari sebagian blogger memberikan komponen-komponen yang tidak diperlukan sehingga niat awalnya yang ingin memperindah blog namun justru dapat menjadi bumerang bagi blog tersebut. Berikut ini Klinik Blogger tuliskan sedikitnya 8 komponen yang tidak diperlukan yang sering ada di dalam sebuah blog.


1. Index Halaman yang Tidak Perlu

Blogger pada umumnya membiarkan halaman kategori, arsip dan tag terindex oleh mesin pencari, sebenarnya hal ini tidak perlu karena halaman-halaman tersebut bukanlah halaman utama yang dibutuhkan oleh pengunjung website khususnya yang datang dari mesin pencari, para pengunjung website lebih mencari artikelnya langsung, selain itu halaman-halaman tersebut terkadang menjadi bumerang bagi blog Anda, seperti misalnya ketika di serp justru malah halaman tag yang mendapatkan peringkat lebih bagus daripada halaman artikel, hal ini dapat merugikan karena artikel utamanya dapat tidak terbaca.

2. Kalender Standar

Buat apa coba menampilkan kalender di blog? pemanis? atau cuma gaya-gayaan? :D pengunjung blog datang bukan untuk melihat kalender tapi untuk membaca artikel atau menikmati isi blog, kecuali kalendernya berisi jadwal / agenda penting yang berguna sebagai informasi kepada pengunjung blog seperti misalnya jadwal acara tertentu dsb.

3. Jam Standar

Sama halnya dengan kalender, jam standar sebaiknya tidak perlu ditampilkan, kalau sekedar mau melihat jam ya lihat saja di pojok kanan bawah komputer atau lihat jam dinding atau jam tangan… :)

4. Kata Kunci Berlebihan

Kata kunci berlebihan dapat berbentuk kata-kata dalam artikel untuk tujuan seo, tag yang banyak, kata kunci hasil pencarian yang masuk (biasanya menggunakan plugin SEO SearchTerms2) atau teknik lainnya yang fungsinya untuk memperbanyak kata kunci atau menjebak pengunjung dengan kata kunci tersebut, hal-hal yang berlebihan ini kurang bagus untuk sebuah blog, bahkan dapat dicap sebagai spammer dan merugikan blog tersebut.

5. Fasilitas Chat

Fasilitas chat banyak jenisnya namun yang dibahas di sini adalah chat interaktif yang di mana pesan dari admin dan user terlihat oleh semua pengunjung blog. Fasilitas chat interaktif yang biasa ditempatkan di sisi sidebar ini memang banyak gunanya, misalnya untuk lebih mengakrabkan diri antara pemilik blog dan pengunjungnya, namun belakangan fasilitas chat sering digunakan sebagai ajang spammer sehingga pesan-pesan yang ditampilkan tidak berhubungan dan mengganggu blog tersebut, jika ingin chat sebaiknya gunakan media YM, Google Talk atau media chat lain di luar blog.

6. Automatic Generated Content

Biasa disebut juga AGC, saya pernah membahas AGC ini di postingan ini, menggunakan AGC dalam blog (apalagi blog pribadi) sangat beresiko tinggi dianggap sebagai spammer, bahkan Google melarang keras penggunaan AGC dalam blog.

7. Komponen Berlebihan

Yang dimaksud komponen berlebihan adalah komponen-komponen yang dapat mengganggu pengunjung dalam mengakses blog, bisa berupa banner yang banyak, atau plugin-plugin lain yang dapat memberatkan blog tersebut ketika diakses, sehingga blog tersebut lebih lama dalam menampilkan halaman. Hal ini dapat membuat kesal pengunjung dan terkadang ogah kembali lagi karena isi blognya terlalu banyak materi dan lama ketika diakses, misalnya menampilkan gambar di sisi sidebar secara berlebihan, menampilkan kata kunci masuk secara berlebihan dsb.

8. Komponen Ganda

Komponen ganda yang saya maksudkan adalah jika suatu komponen di dalam blog sudah ditampilkan lalu ditampilkan lagi di sisi lainnya, seperti misalnya kebiasaan beberapa blogger menampilkan komponen “artikel terbaru” / “latest posts” di sisi sidebar blognya, buat apa menampilkan list tersebut di sisi sidebarnya? padahal di dalam halaman utamanya sudah ditampilkan artikel-artikel terbarunya yang diurutkan berdasarkan tanggal, jika misalnya di halaman utama memuat artikel terbaru sebanyak 10 buah lalu di sisi sidebar ditambahkan lagi artikel terbaru sebanyak 10 buah atau kurang maka pertanyaannya apa gunanya? justru hal ini dapat memberatkan blog, komponen ganda lainnya misalnya menampilkan link “pages” di bagian atas blog dan ditampilkan lagi di sisi sidebar, hal-hal seperti ini dapat memberatkan blog.

Dari 8 hal di atas apakah blog Anda memuat salah satunya? :) Segera optimasi blog Anda dan hilangkan hal-hal yang tidak perlu di dalam blog Anda sehingga blog Anda dapat lebih hemat energi, nyaman dan tentu saja semakin disukai oleh para pengunjung blog.

{ 7 comments... read them below or add one }

Tips Kesehatan said...

Wah..bener banget itu mas.. salam kenal ya. . .

Unknown said...

Wah bener Banget! makasih ya mas..

Tempuran Magelang said...

siip,.........Maturnuwun

Anonymous said...

Nice info gan,.. thanks !!!

Obat Asam Urat said...

Terimakasih banyak atas informaisnya..!
salam kenal dan semoga sukses...

Aldie Almajid said...

Kalo Gambar gambar kecil yang .gif ganggu ga om? saya juga suka Onepiece kan. mohon penjelasannya

Okeshared said...

Terima kasih Sobat

Post a Comment